twitter bian19

Selamat Datang

Welcome, Let's Get Your Stuff in here. , Thank You for Your Visit...!!!

Iklan Atas

Kamis, 22 Juli 2010

Penemu Black Box Tutup Usia


David Warren, ilmuwan Australia penemu perekam data di pesawat (black box/kotak hitam), meninggal pada usia 85 tahun, Senin lalu, di sebuah panti jompo di kota Melbourne. Warren muncul dengan ide kotak hitam untuk merekam percakapan pilot di kokpit pesawat saat dia menyelidiki kecelakan pertama pesawat jet komersial, Comet, tahun 1953. Saat itu, dia berpikir bahwa tim penyelidik akan sangat terbantu kalau ada rekaman suara di kokpit.



Warren lalu merancang dan mengkonstruksi prototipe kotak hitam tahun 1956. Tetapi perlu bertahun-tahun agar para pemangku kepentingan paham betapa bergunanya kotak hitam tersebut dan mulai memasangnya di tiap pesawat komersial di seluruh dunia.

Warren lahir tahun 1925 di kawasan terpencil di timur laut Australia. Pada 1934, ayahnya tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat di Australia. Dia menjadi ilmuwan di Laboratorium Penelitian Aeronautikal di Melbourne sejak 1952 hingga 1983.

"Perekam data penerbangan ciptaan Dr. Warren memberikan kontribusi tak bernilai bagi keselamatan dunia penerbangan," kata Departemen Pertahanan Australia dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari laman Sydney Morning Herald, Rabu 21 Juli 2010.

Warren meninggalkan istri, empat anak, dan tujuh cucu. semoga keluarga yang ditinggalkanya mendapatkan ketabahan dan amal kebaikan selama di atas bumi mendapatkan hasil setimpal di alam baka. Makasih prof. sudah menemukan kotak hitam(Black Box) yang sangat berguna bagi kehidupan manusia.
(8!@n)

sumber : VIVAnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar